Skip to main content

Perkembangan Smartphone Dulu Sekarang

Perkembangan Smartphone Dulu Sekarang
Photo by rawpixel on Unsplash

 

Perkembangan Smartphone

Ketika berbicara tentang teknologi, salah satu yang terfikirkan oleh saya sendiri adalah pesatnya perkembangan teknologi di bidang gadget / smartphone. Smartphone sudah sangat berkembang dibandingkan bebrapa tahun kebelakang teknologi smartphone jaman sekarang sudah berkembang sangat jauh. Saya sendiri mulai merasakan perkembangan ini semenjak tahun 2012 yang lalu, dimana pada tahun itu sistem operasi android mulai dikenal banyak orang. semenjak tahun 2012 banyak muncul smartphone - smartphone dengan sistem operasi  android seperti produk - produk Samsung dan juga brand lainya.

Perkembangan Sistem Operasi Android

Perkembangan smartphone ini juga dapat dilihat dari berkembangnya sistem operasi android dari versi yang pertama hingga ke versi terbaru atau yang lebih dikenal sekarang dengan nama android oreo. Berbicara soal aplikasi sistem operasi android, saya dulu saat pertama kali mengenal android yaitu saat membeli smartphone ( kalo dibandingkan dengan smartphone jaman sekarang sepertinya kurang cocok kalo saya sebut smartphone) / handphone Samsung Galaxy young ( hape legend :v ). Review sedikit, Samsung Galaxy young ini pada saat saya beli dulu pada tahun 2012 merupakan android versi gingerbread ( jadul :v ) dengan ram 290 MB , memori internal 190 MB, kamera 2MP, dan layar 3". Bayangkan aja dengan hp sekarang yang sudah rata rata memiliki ram 3GB, memori internal 32gb, kamera diatas 13MP, dan layar 5" sangat jauh bukan? . Tapi jangan salah samsung galaxy young ini sudah cukup untuk menjalankan aplikasi dan game - game popoler di masanya, tapi kalo untuk versi aplikasi sakarang mungkin satu aplikasi saja sudah membuat memori ineernalnya penuh :D .

Perkembangan Aplikasi

Selain dari versi android perkembangan smartphone juga dapat dilihat atau saya rasakan pada aplikasi - aplikasi yang ada di playtore, salah satunya adalah perubahan tampilan di aplikasi youtube. Youtube jaman dulu memiliki tampilan berwarna hitam, berbeda dengan tampilan youtibe sekarang yang sudah sangat bagus dengan warna putih dan fitur - fiturnya yang sangat mampermudah pengguna dalam mengaksesnya. selain youtube, dulu sangat trend yaitu penggunaan BBM (blackbery messenger) padahal pada waktu itu sudah ada WhatsApp tapi tidak se-populer sekarang.

Perkembangan Kamera

Dan juga dengan teknologi kamera yang dulunya kamera hanya 2MP sekarang berkembang hingga menjadi 20MP, dan bahkan sekarang moto pake hp saja kwalitasnya sudah menyerupai dengan moto pake kamera SLR atau DSLR. 

Begitulah perkembangan smartphone secara umum sebernarnya masih banyak lagi terutama pada sensor smartphone dan layar. Tapi, sepertinya 4 poin diatas sudah bisa mewakili perbedaan smartphone jadul dengan yang kekinian. sekian :)

note: jika ada yang masih bingaung atau ada yang ingin saya bahas bisa komen dibawah

Comments

Popular posts from this blog

4 Game Offline Android yang Bisa Menjadi Pilihan Ketika Tidak Ada kuota

  Pada masa kini, internet telah menjadi sebuah kebutuhan dalam mengoperasikan smartphone, hal ini disebabkan hampir semua aplikasi yang ada pada smartphone kita pada hari ini merupakan aplikasi online atau aplikasi yang membutuhkan koneksi internet agar bisa digunakan.    Contohnya saja Instagram, siapa sih yang tidak tahu sosmed yang satu ini? Untuk mengupdate setiap informasi yang ada pada aplikasi ini, tentu kita membutuhkan internet begitu juga dengan Facebook, dan juga aplikasi social media lainya.    Hubungannya sosmed sama game apa? Begitu juga dengan game, sekarang sudah banyak hadir game - game online keren yang pastinya membutuhkan internet ketika kita bermain game tersebut contohnya yang lagi sangat banyak dimainkan di Indonesia yang playernya di Indonesia sudah mencapai 8 juta pemain yaitu Mobile Legend, jangan bilang kalo main Mobile Legend ga butuh internet, game ini merupakan game yang lagi sangat diminati di Indonesia saat ini. Selain Mobile Legend ada j

3 Website Terbaik Untuk Cek Loading Blog

3 Website Terbaik Untuk Cek Loading Blog - Sesudah beberapa lama terjun ke dunia blog, lambat laun kamu pasti akan mengetahui atau menyadari bahwa loading di setiap blog itu harus diperhitungkan. Seperti yang kita ketahui, loading berarti suatu mekanisme yang dilalui ketika ingin memproses tertentu. Begitulah blog kita, memiliki loading ketika dibuka. Mungkin kebanyakan dari kita tidak sadar akan loading blog karena memang tidak terlalu terasa. Terkadang kita juga menyalahkan kecepatan internet ketika sedikit lama dalam membuka sebuah website, padahal kecepatan loading juga mempengaruhi. Untuk itu, kamu bisa mengecek kecepatan loading blog kamu. Bagaimana caranya? Ikuti saja beberapa langkah mudah dibawah. Untuk mengecek laoding blog, ada 3 website rekomendasi dari Techentury. Website ini sangat akurat dalam mengukur kecepatan blog kita. Ditambah lagi, website ini akan memberi tahu kita tentang hal-hal yang perlu diubah untuk mempercepat loading blog. GOOGLE PAGESPEED Website i

Mesin Pencari Paling Banyak Digunakan Selain Google

Mesin Pencari Paling Banyak Digunakan Selain Google - Siapa yang tidak kenal dengan salah satu mega bintang mesin pencari internet, yaitu Google. Perusahaan raksasa ini menjadi ikon internet pada masa sekarang. Semua orang mengawali pengenalan internet pastinya dengan google. Tetapi tahukah kamu bahwa ada banyak mesin pencari lainnya selain google. Yang bisa kita katakan kualitasnya tidak jauh berbeda. Tetapi mereka tidak bernasib sama dengan Google. Apa sajakah mesin pencari lain yang paling banyak digunakan selain Google? Simak pembahasan dibawah ini. BING Jika raksasa Google tidak pernah eksis, maka raksasa sesungguhnya adalah Bing. Bing adalah perusahaan besar milik microsoft. Kita semua tahu seberapa besar kekuatan Microsoft. Saat ini Bing menguasai sekitar 19% pasar pencarian di internet. Bing memiliki banyak fitur seperti kalkulator, pengindeks jadwal penerbangan, berbelanja, penerjemah dan masih banyak lagi. Selain itu, Facebook juga terintegrasi dengan Bing. Google waj