Skip to main content

Aplikasi, Game Android Penunjang pelajaran Sekolah



Techentury- Saat anda mendengar kata “belajar” apa yang terbayang dalam pikiran anda ? Mungkin yang terbayang adalah sosok mengerikan seperti pocong dan kuntilanak, kenapa tidak karena belajaitu sama menakutkannya dengan hantu-hantu itu.         
     
Belajar memang suatu hal yang membosankan bagi siswa, belum lagi melihat setumpuk buku paket yang tebal-tebal yang dapat membuat kepala pusing tujuh keliling bagi siapa saja yang melihatnya.

Saat anda mendengar kata “Smarphone” apa yang terlintas di pikiran anda ? Mungkin yang terbayang adalah Sate, Nasi Goreng dan bakso, kenapa? karena bermain bersama smartphone sama enaknya dengan makanan itu.

Belajar dan smartphone memang dua hal yang saling bertolak belakang dan sangat berbeda. Namun walaupun berbeda nukan berarti dua hal itu tidak bisa dikombinasikan, seperti semboyan negara kita yaitu Bhineka Tunggal Ika (berbeda-beda tetapi tetap satu).

Aplikasi pembelajaran adalah hasil persilangan antara kedua hal tersebut. Menyajikan pembelajaran dengan metode dan media yang disukai oleh siswa. Pada artikel kali ini, Techentury akan mencoba merangkum mengenai aplikasi dan game pembelajaran berbasis android.

Aplikasi, Game Android Penunjang pelajaran Sekolah


Sebelum masuk ke penjelasan aplikasi, saya akan memperkenalkan sebuah situs penyedia aplikasi pembelajaran terbesar di Indonesia. Situs ini milik Kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemdikbud) yang dirangkul oleh sebuah badan bernama BPMPK (Badan Pengembangan Multimedia Pendidikan dan kebudayaan ).

Untuk mengunjungi situs, silakan klik Di Sini
Dalam situs BPMPK sudah terdapat ribuan aplikasi android pembelajaran, namun kali ini Techentury akan mereview satu aplikasi saja. Kebetulan aplikasi ini adalah buatan penulis yang bernama  “GAMICHAL”



Gamichal adalah aplikasi pembelajaran yang berisi tentang pelajaran kimia BAB asam dan basa . Di dalam aplikasi ini terdapat materi pembelajaran, game, e-book dan lain-lain.

Untuk mengunduh aplikasi ini, silakan klik [DOWNLOAD]

Detail aplikasi:

  • Nama    : Gamichal
  • Platform : Android, dibuat dengan Unity.
  • Nama Pengembang : Muhammad Ridha, Teuku Fadhil, Rifki Muchtar.
  • Ukuran                 : ± 26 MB

Fitur Aplikasi :

1. Materi



Menu ini berisi ringkasan materi seputar asam dan basa. Materi yang disajikan cukup menarik, pasalnya materi yang disampaikan secara rinci dan ringkas. Tampilan materi juga didesain dengan menarik dan penuh warna sehingga enak dipandang.

2. Contoh soal



Dalam menu ini, pengembang menghadirkan beberapa contoh soal dan pembahasan seputar Bab asam dan basa. Soal yang ditampilkan berupa soal yang biasa keluar saat UN, Ulangan dan Ujian sekolah.

3. Latihan



Untuk mengasah kemampuan pengguna dalam menguasai materi, pengembang menambahkan fitur yang berisi kumpulan soal yang menantang,
Dalam versi terbaru anda juga dapat menjawab soal dengan tipe kuis.

4. E-Book



Wah, ! dalam aplikasi ini juga tersedia beberapa e-book gratis yang dapat pengguna akses dengan koneksi internet. E-book yang disajikan adalah garapan dari kementrian pendidikan yang berstandar BSE.
Di dalam menu ini, terhitung ada delapan e-book gratis yang dapat anda dapatkan secara Cuma-Cuma.

5. Website (Gamichal.blogspot.com)



Fitur ini berguna bagi pengguna yang tidak menggunakan gadget android, mereka tetap bisa menikmati fitur aplikasi ini lewat browser.

6. Motivasi

Untuk meningkatkan semangat dalam belajar, pengembang menambah fitur ini. Fitur ini berisi tentang kumpulan kata-kata bijak dari sang ahli.

7. Game



Ini merupakan salah satu fokus utama dari aplikasi ini yaitu menyajikan permainan pembelajaran. Permainan yang dimuat adalah mencocokkan nama senyawa dan benda sesuai dengan golongannya (asam, basa, netral).

Demikian postingan mengenai review aplikasi pembelajaran, semoga dapat bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

SALAM LITERASI.

Comments

Popular posts from this blog

4 Game Offline Android yang Bisa Menjadi Pilihan Ketika Tidak Ada kuota

  Pada masa kini, internet telah menjadi sebuah kebutuhan dalam mengoperasikan smartphone, hal ini disebabkan hampir semua aplikasi yang ada pada smartphone kita pada hari ini merupakan aplikasi online atau aplikasi yang membutuhkan koneksi internet agar bisa digunakan.    Contohnya saja Instagram, siapa sih yang tidak tahu sosmed yang satu ini? Untuk mengupdate setiap informasi yang ada pada aplikasi ini, tentu kita membutuhkan internet begitu juga dengan Facebook, dan juga aplikasi social media lainya.    Hubungannya sosmed sama game apa? Begitu juga dengan game, sekarang sudah banyak hadir game - game online keren yang pastinya membutuhkan internet ketika kita bermain game tersebut contohnya yang lagi sangat banyak dimainkan di Indonesia yang playernya di Indonesia sudah mencapai 8 juta pemain yaitu Mobile Legend, jangan bilang kalo main Mobile Legend ga butuh internet, game ini merupakan game yang lagi sangat diminati di Indonesia saat ini. Selain Mobile Legend ada j

3 Website Terbaik Untuk Cek Loading Blog

3 Website Terbaik Untuk Cek Loading Blog - Sesudah beberapa lama terjun ke dunia blog, lambat laun kamu pasti akan mengetahui atau menyadari bahwa loading di setiap blog itu harus diperhitungkan. Seperti yang kita ketahui, loading berarti suatu mekanisme yang dilalui ketika ingin memproses tertentu. Begitulah blog kita, memiliki loading ketika dibuka. Mungkin kebanyakan dari kita tidak sadar akan loading blog karena memang tidak terlalu terasa. Terkadang kita juga menyalahkan kecepatan internet ketika sedikit lama dalam membuka sebuah website, padahal kecepatan loading juga mempengaruhi. Untuk itu, kamu bisa mengecek kecepatan loading blog kamu. Bagaimana caranya? Ikuti saja beberapa langkah mudah dibawah. Untuk mengecek laoding blog, ada 3 website rekomendasi dari Techentury. Website ini sangat akurat dalam mengukur kecepatan blog kita. Ditambah lagi, website ini akan memberi tahu kita tentang hal-hal yang perlu diubah untuk mempercepat loading blog. GOOGLE PAGESPEED Website i

Mesin Pencari Paling Banyak Digunakan Selain Google

Mesin Pencari Paling Banyak Digunakan Selain Google - Siapa yang tidak kenal dengan salah satu mega bintang mesin pencari internet, yaitu Google. Perusahaan raksasa ini menjadi ikon internet pada masa sekarang. Semua orang mengawali pengenalan internet pastinya dengan google. Tetapi tahukah kamu bahwa ada banyak mesin pencari lainnya selain google. Yang bisa kita katakan kualitasnya tidak jauh berbeda. Tetapi mereka tidak bernasib sama dengan Google. Apa sajakah mesin pencari lain yang paling banyak digunakan selain Google? Simak pembahasan dibawah ini. BING Jika raksasa Google tidak pernah eksis, maka raksasa sesungguhnya adalah Bing. Bing adalah perusahaan besar milik microsoft. Kita semua tahu seberapa besar kekuatan Microsoft. Saat ini Bing menguasai sekitar 19% pasar pencarian di internet. Bing memiliki banyak fitur seperti kalkulator, pengindeks jadwal penerbangan, berbelanja, penerjemah dan masih banyak lagi. Selain itu, Facebook juga terintegrasi dengan Bing. Google waj