Skip to main content

Tips dan Trik Mahir menggunakan power Point

Belajar Power Point


                Techentury-Sekarang zamannya digital dimana semua hal dilakukan dengan komputer. Hal ini juga terjadi dalm dunia presentasi. Kertas plano dan papan tulis tak lagi menjadi pilihan dalam melakukan presentasi, baik di kantor bahkan di sekolah.

                Sebuah presentasi yang bagus tak hanya dinilai dari kecakapan berbicara, melainkan juga dari tampilan slide presentasi anda. Hal ini tentu saja mendorng banyak orang agar meluncur ke dunia digital guna belajar untuk membuat presentasi yang berbasis digital yang bagus. Namun mengelola presentasi digital tanpa disertai dengan keahlian untuk mengendalikan setiap fitur di dalam software adalah nihil.

                Dapat membuat slide presentasi yang bagus merupakan sebuah hal yang harus dimiliki setiap orang dalam membuat presentasi digital. Jika anda merupakan orang yang hendak melatih kemampuan membuat presentasi digital, anda mampir di blog dan artikel yang sangat pas.

                Dalam artikel ini saya akan membagikan tips dan trik menjadikan slide presentasi anda menjadi luar biasa. Untuk software yang akan kita gunakan adalah Microsoft Office Power Point. Jika nda belum punya silakan download dan instal dulu.

                Berikut beberapa hal yang harus menjadi konsentrasi anda jika anda ingin mandapatkan hasil presenasi yang bagus.

1. Sajikan dalam bentuk poin


Sesuai dengan namanya (power point), maka yang harus anda sajikan dalam slide berupa point-point penting saja, yang kemudia poin-poin itu akan anda jelaskan secara rinci. Jangan sampai anda menyajikan slide yang penuh dengan paragraf. Hal ini akan membuat yang melihat akan merasa jenuh dan sangat bosan.

2. Pakailah Smart Art


Menurut Techentury, smart art merupakan kekuatan terbesar dari power point. Pasalnya smart menyajikan banyak fitur-fitur yang memang berkaitan erat dengan dunia presentasi seperti : Grafik, List, Proses, Bagan, dan lain-lain. Techentury sangat menyarankan anda untuk menyisipkan Smart Art di setiap halaman slide yang anda buat.

3. Sisipkan gambar dan Video

Gambar merupakan satu komponen penting dalam sebuah slide presentasi. Mengapa ? karena gambar dapat mewakilkan banyak tulisan sekaligus, sehingga anda tak perlu menjelaskan panjang lebar dalam tulisan. Pilihlah gambar yang “dapat berbicara” dengan artian mempunyai makna yang dalam yang menuntut anda untuk menjelaskan sesuatu.
Begitu juga dengan video, hal ini memang sangat membantu anda dalam menjelaskan sesutu yang susah untuk diperagakan namun mudah untuk dicerna secara visual, seperti pergerakan atom dan lainnya.
Tahukah anda bahwa di dalam power point anda juga dapat mengedit foto, seperti menambahkan efek, menghapus background, dan lain-lain.


4. Pakailah tulisan yang sesuai tema presentasi.


Tulisan yang tepat merupakan salah satu rahasia trik membuat slide presentasi yang bagus. Misalkan tema presentasi anda kekanak-kanakan, maka pilih font seperti:

  • Comic San
  • Komikax
  • fun Crayon
Sedangkan untuk presentasi yang serius, anda dapat menggunakan font seperti :

  • Quick sand
  • Times New Roman
  • Lato
Anda dapat mendapatkan banyak font di google font.

5. Pilihlah template yang sesuai.


Tema template merupakan pangkal dari tampilan slide presentasi anda. Anda harus memilih template yang sesuai dengan tema presentasi. Misalkan anda akan presentasi tentang sistem informasi komputer, maka pilihlah template yang bergambar komputer.
Power point sendiri memiliki beberapa template default yang tersedia secara offline dan online. Namun jikalau anda ingin mencari template yang lain, ada beberapa situs yang dapat anda gunakan
seperti : www.free-powerpoint-templates-design.com




6. Manfaatkan fitur animation

Fitur Animation memang sangat berguna untuk membuat slide presentasi menjadi lebih interaktif dan menarik. Ada beberapa macam animation di dalam power point yaitu :

  • Entrace : Animasi benda muncul
  • Exit : Animasi benda hilng
  • Path : pergerakan benda secara sederhana
  • Slide Transition : Animasi perpindahan slide


Demikia postingan mengenai  pembelajaran power point. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih atas kunjungan anda dan samopai jumpa.


Comments

Popular posts from this blog

4 Game Offline Android yang Bisa Menjadi Pilihan Ketika Tidak Ada kuota

  Pada masa kini, internet telah menjadi sebuah kebutuhan dalam mengoperasikan smartphone, hal ini disebabkan hampir semua aplikasi yang ada pada smartphone kita pada hari ini merupakan aplikasi online atau aplikasi yang membutuhkan koneksi internet agar bisa digunakan.    Contohnya saja Instagram, siapa sih yang tidak tahu sosmed yang satu ini? Untuk mengupdate setiap informasi yang ada pada aplikasi ini, tentu kita membutuhkan internet begitu juga dengan Facebook, dan juga aplikasi social media lainya.    Hubungannya sosmed sama game apa? Begitu juga dengan game, sekarang sudah banyak hadir game - game online keren yang pastinya membutuhkan internet ketika kita bermain game tersebut contohnya yang lagi sangat banyak dimainkan di Indonesia yang playernya di Indonesia sudah mencapai 8 juta pemain yaitu Mobile Legend, jangan bilang kalo main Mobile Legend ga butuh internet, game ini merupakan game yang lagi sangat diminati di Indonesia saat ini. Selain Mobile Legend ada j

3 Website Terbaik Untuk Cek Loading Blog

3 Website Terbaik Untuk Cek Loading Blog - Sesudah beberapa lama terjun ke dunia blog, lambat laun kamu pasti akan mengetahui atau menyadari bahwa loading di setiap blog itu harus diperhitungkan. Seperti yang kita ketahui, loading berarti suatu mekanisme yang dilalui ketika ingin memproses tertentu. Begitulah blog kita, memiliki loading ketika dibuka. Mungkin kebanyakan dari kita tidak sadar akan loading blog karena memang tidak terlalu terasa. Terkadang kita juga menyalahkan kecepatan internet ketika sedikit lama dalam membuka sebuah website, padahal kecepatan loading juga mempengaruhi. Untuk itu, kamu bisa mengecek kecepatan loading blog kamu. Bagaimana caranya? Ikuti saja beberapa langkah mudah dibawah. Untuk mengecek laoding blog, ada 3 website rekomendasi dari Techentury. Website ini sangat akurat dalam mengukur kecepatan blog kita. Ditambah lagi, website ini akan memberi tahu kita tentang hal-hal yang perlu diubah untuk mempercepat loading blog. GOOGLE PAGESPEED Website i

Mesin Pencari Paling Banyak Digunakan Selain Google

Mesin Pencari Paling Banyak Digunakan Selain Google - Siapa yang tidak kenal dengan salah satu mega bintang mesin pencari internet, yaitu Google. Perusahaan raksasa ini menjadi ikon internet pada masa sekarang. Semua orang mengawali pengenalan internet pastinya dengan google. Tetapi tahukah kamu bahwa ada banyak mesin pencari lainnya selain google. Yang bisa kita katakan kualitasnya tidak jauh berbeda. Tetapi mereka tidak bernasib sama dengan Google. Apa sajakah mesin pencari lain yang paling banyak digunakan selain Google? Simak pembahasan dibawah ini. BING Jika raksasa Google tidak pernah eksis, maka raksasa sesungguhnya adalah Bing. Bing adalah perusahaan besar milik microsoft. Kita semua tahu seberapa besar kekuatan Microsoft. Saat ini Bing menguasai sekitar 19% pasar pencarian di internet. Bing memiliki banyak fitur seperti kalkulator, pengindeks jadwal penerbangan, berbelanja, penerjemah dan masih banyak lagi. Selain itu, Facebook juga terintegrasi dengan Bing. Google waj