Skip to main content

Cara membuat game seperti mobile legend Part 2


Techentury-  Membuat game merupakan sebuah daya Tarik tersendiri bagi para netizen terutama para gamers. Namun tak banyak dari mereka yang mengetahui bagaimana sebuah game dibuat sehingga dapat dimainkan. Banyak diantara gamers yang punya tingkat rasa penasaran yang tinggi menelusuri di google: “Bagaimana cara membuat game ?” Apalagi game seperti Mobile Legend yang sedang naik daun.  Akan sangat menarik untuk mengeahui cara pembuatannya bukan ?

Artikel ini hadir di hadapan para pembaca Techentury untuk menjawab pertanyaan tersebut. Artikel ini merupakan bagian kedua dari jawaban pertanyaan di atas. Untuk teman-teman yang belum membaca bagian 1 anda bisa mengunjungi :

Cara membuat game seperti mobile legend Part 1

Pada artikel sebelumnya, kita sudah menyelesaikan 2 dari 5 tahapan pembuatan game. Hanya sekedar review, terdapat 5 tahap pembuatan game yaitu brain stroaming, designing, animating, scripting, testing, finishing. Dan sekarang mari kita mulai dengan tahapan yang ke-tiga.

3. Animating

Contoh Animating Character

Animating berasal dari kata ‘animate’ yang berarti menggerakkan (motioning). Dapat disimpulkan bahwa segala hal yang berkaitan dengan pergerakan yang ada dalam game adalah bagian dari animating.

Player dan environment yang telah kita desain sebelumnya perlu kita gerakkan agar lebih interaktif.
Hasil dari sebuah animating disebut animation. animation yang biasa dipakai dalam game biasanya seputar gerak tubuh player (berjalan, memukul, melompat, dll ) dan gerak environment (mobil berjalan, pohon tumbang, dll).

Secara garis besar, cara membuat animation terbagi menjadi 2 cara :

Scripting Animation

Scripting Animation adalah cara pembuatan animasi dengan cara menulis bait-bait kode untuk membuat objek bergerak. Scripting animation hanya digunakan untuk membuat pergerakan yang sederhana seperti; translation (perpindahan) dan rotation (perputaran).
Keunggulan Scripting animation ialah infinity motion dimana objek dapat bergerak terus seiring berjalannya waktu (contoh: benda yang terus bergerak ke depan).

Recording Animation

Recording merupakan metode yang paling sering digunakan untuk pembuatan animation yang rumit. Metode ini bekerja dengan merekam gerakan objek berdasarkan keyframe yang diatur.

Untuk membuat Animation, anda dapat menggunakan software yang sama untuk modelling 3D. Namun ada beberapa game engine yang menyediakan fitur animation record jug seperti Unity 3d, dll.


4. Scripting / Coding

Contoh proses Coding

Scripting / Coding merupakan kegiatan menulis baris-baris perintah yang dipahami oleh komputer. Untuk dimengerti oleh komputer, perintah yang dituliskan harus berupa bahasa komputer pula. Ada beberapa bahasa yang dapat anda gunakan untuk menulis script/kode perintah.
Baca Juga : Bahasa pemrogrman yang mudah dipelajari.
Secara umum, semua bahasa pemrograman memiliki 3 struktur penulisan perintah yang harus dilakukan secara berurutan.

Deklarasi Variabel.

Secara bahasa deklarasi berarti menyatakan, sedangkan variabel adalah data dengan nama dan tipe data tertentu.
Deklarasi variabel adalah proses menyatakan data kepada komputer beserta dengan jenis data dan nama dari variabel itu. Untuk lebih jelas lihat gambar di bawah ini.

Jenis-jenis variabel antara lain : Integer (Int), Character (Char), Float, String, Boolean (bool). dll.
contoh pendeklarasian variabel dengan bahasa C#
Int Angka;
String Nama;

Set Nilai Varabel.

Dalam proses ini, kita harus mencantumkan nilai dari variabel yang telah kita buat berdasarkan tipe datanya masing-masing.
Contoh :

Int angka;
String nama;

void Start(){
angka = 7;
nama = “Ridha”;
}

Memproses data

Tahapan yang terakhir adalah melakukan proses data yang telah kita buat. Proses data bisa dapat berupa mencetak ke konsol ataupun proses matematis.
contoh :
Int angka_1 = 5;
Int angka_2 = 2;
Int hasil;

void Tambah(){
hasil = angka_1 + angka_2;
Console.WriteLine(hasil);
}

maka hasil dari proses di atas adalah 7;

Tiga tahap di atas merupakan contoh yang paling sederhana dari scripting / coding. sedangkan untuk tingkat lanjutan, scripting dilakukan seperti menjalankan animasi yang telah di buat pada player. Misal user menekan tobol “W” maka player jalan ke depan.
contoh :
private Animation anim;

void Start(){
anim = Player.GetComponent<Animation>();
}
void Update(){
if(Input.GetKeyDown(KeyCode.W)){
anim.Play(“jalan”);
       }
}

5. Testing

Proses ini dilakukan saat semua proses di atas telah terlaksan sesuai brain stroaming. Dalam proses ini, kita harus memastikan semua komponen yang ada dalam game berjalan sebagaimana mestiya. Jika belum berjalan sesuai rencana, perbaiki dengan segera. Jika telah selesai, maka lanjut ke tahap terakhir.

6. Finishing

Finishing adalah tahap penyelesaian, ada dua hal yang harus dilakukan yaitu;

Building

Mengeksport game anda ke platform yang anda mau.

Publishing

Menyebarluaskan informasi tentang game anda.

Selamat ! anda telah sukses membuat sebuah game.
Jika ada pertanyaan dan komentar silakan anda tulis dibawah ya ! Terimakasih atas kunjungannya dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Comments

Popular posts from this blog

4 Game Offline Android yang Bisa Menjadi Pilihan Ketika Tidak Ada kuota

  Pada masa kini, internet telah menjadi sebuah kebutuhan dalam mengoperasikan smartphone, hal ini disebabkan hampir semua aplikasi yang ada pada smartphone kita pada hari ini merupakan aplikasi online atau aplikasi yang membutuhkan koneksi internet agar bisa digunakan.    Contohnya saja Instagram, siapa sih yang tidak tahu sosmed yang satu ini? Untuk mengupdate setiap informasi yang ada pada aplikasi ini, tentu kita membutuhkan internet begitu juga dengan Facebook, dan juga aplikasi social media lainya.    Hubungannya sosmed sama game apa? Begitu juga dengan game, sekarang sudah banyak hadir game - game online keren yang pastinya membutuhkan internet ketika kita bermain game tersebut contohnya yang lagi sangat banyak dimainkan di Indonesia yang playernya di Indonesia sudah mencapai 8 juta pemain yaitu Mobile Legend, jangan bilang kalo main Mobile Legend ga butuh internet, game ini merupakan game yang lagi sangat diminati di Indonesia saat ini. Selain Mobile Legend ada j

3 Website Terbaik Untuk Cek Loading Blog

3 Website Terbaik Untuk Cek Loading Blog - Sesudah beberapa lama terjun ke dunia blog, lambat laun kamu pasti akan mengetahui atau menyadari bahwa loading di setiap blog itu harus diperhitungkan. Seperti yang kita ketahui, loading berarti suatu mekanisme yang dilalui ketika ingin memproses tertentu. Begitulah blog kita, memiliki loading ketika dibuka. Mungkin kebanyakan dari kita tidak sadar akan loading blog karena memang tidak terlalu terasa. Terkadang kita juga menyalahkan kecepatan internet ketika sedikit lama dalam membuka sebuah website, padahal kecepatan loading juga mempengaruhi. Untuk itu, kamu bisa mengecek kecepatan loading blog kamu. Bagaimana caranya? Ikuti saja beberapa langkah mudah dibawah. Untuk mengecek laoding blog, ada 3 website rekomendasi dari Techentury. Website ini sangat akurat dalam mengukur kecepatan blog kita. Ditambah lagi, website ini akan memberi tahu kita tentang hal-hal yang perlu diubah untuk mempercepat loading blog. GOOGLE PAGESPEED Website i

Mesin Pencari Paling Banyak Digunakan Selain Google

Mesin Pencari Paling Banyak Digunakan Selain Google - Siapa yang tidak kenal dengan salah satu mega bintang mesin pencari internet, yaitu Google. Perusahaan raksasa ini menjadi ikon internet pada masa sekarang. Semua orang mengawali pengenalan internet pastinya dengan google. Tetapi tahukah kamu bahwa ada banyak mesin pencari lainnya selain google. Yang bisa kita katakan kualitasnya tidak jauh berbeda. Tetapi mereka tidak bernasib sama dengan Google. Apa sajakah mesin pencari lain yang paling banyak digunakan selain Google? Simak pembahasan dibawah ini. BING Jika raksasa Google tidak pernah eksis, maka raksasa sesungguhnya adalah Bing. Bing adalah perusahaan besar milik microsoft. Kita semua tahu seberapa besar kekuatan Microsoft. Saat ini Bing menguasai sekitar 19% pasar pencarian di internet. Bing memiliki banyak fitur seperti kalkulator, pengindeks jadwal penerbangan, berbelanja, penerjemah dan masih banyak lagi. Selain itu, Facebook juga terintegrasi dengan Bing. Google waj