Skip to main content

Cara membuat game seperti mobile legend Part 1

Cara membuat game seperti mobile legend Part 1




Techentury- Mobile legend merupakan sebuah game MMO RPG ( Massively Multiplayer Online Roll Playing Game) yang berhasil merebut hati gamers dunia khususnya Indonesia. Sejak dirilis pada tahun 2016 oleh perusahaan moonton, Mobile Legend telah dimainkan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Game ini mernawarkan game play yang menarik dan UI (User Interface) atau tampilan yang memanjakan mata. Maka tak heran banyak gamers yang betah belama-lama dengan gawai mereka untuk memainkan permainan ini.

Selain menarik perhatian para netizen untuk memainkan Mobile Legend, banyak netizen yang juga bertanya-tanya bagaimana cara membuat game seperti ini ? Jika anda salah satu warganet yang mempunyai pertanyaan seperti itu, maka anda mengunjungi blog yang tepat. Karena dalam postingan ini saya akan menjelaskan bagaimana developer membuat game semacam ini.

Menurut pengakuan oleh seorang mantan developer Moonton, ia mengatakan bahwa Mobile Legend dikembangkan menggunakan sebuah software game engine bernama Unity 3D, dan menurut analisa yang kami lakukan, benar bahwa Mobile legend dikembangkan dengan software tersebut. Maka oleh sebab itu, kita akan menggunakan software Unity 3D juga.

Secara garis besar, membuat game dibagi menjadi beberapa tahapan penting, yaitu brain stroaming, designing, animating, scripting, testing, finishing.

1. Brain Stroaming.


Brain stroaming atau biasa disebut dengan pembuatan konsep merupakan bagian terpenting dan paling dasar dari terciptanya sebuah game. Dalam tahap ini kita menentukan pondasi dasar dari sebuah game. Hal terpenting dari brain stroaming ini adalah menjawab pertanyaan 5W + 1H dari game yang akan kita buat. What menentukan genre game yang kita buat. Who menentukan siapa tokoh dalam game. Where menentukan latar tempat game. When menentukan kapan latar waktu game. Why menentukan alur cerita dari game. dan How menjelaskan bagimana sebuah game berjalan (platform, online/offline, dsb). Unsur 5W + 1H ini harus di deskripsikan secara detil. 

Langkah selanjutnya setelah menentukan unsur intrinsik dari game adalah mendata daftar kebutuhan yang mungkin diperlukan. Daftar yang harus dipersiapkan yaitu;
  • Character (tokoh game) seperti Alucard, Kagura.
  • Environment (lingkungan) seperti batu, meja.
  • Back Sound (musik) seperti suara pukulan, suara monster.
  • UI (user Interface) seperti tombol, icon.

2. Designing.


Setelah kita mempunyai daftar kebutuhan yang akan dirangkai menjadi sebuah game, langkah selanjutnya adalah mendesain daftar-daftar tersebut.

  • Karakter dan lingkungan game
Contoh environment design menggunakan Blender

Karakter dan lingkungan game yang akan kita buat merupakan karakter 3 dimensi. Bagi pemula, tahap ini akan menjadi lama jika tidak disertai dengan keahlian, jadi desainlah dari hal yang terpenting dulu, seperti pemeran utama. Untuk membuat karakter game 3 dimensi, kita dapat menggunakan software 3D design seperti AutoDesk/Maya dan Blender 3D. Untuk pemula, kami menyarankan menggunakan software Blender, karena lebih mudah untuk digunakan dan gratis.
Baca juga : Software modelling 3D terbaik

Jangan khawatir bagi anda yang tidak ingin susah-susah dalam mendesain model 3 dimensi, anda dapat mendapatkan model desain yang telah jadi di beberapa situs penyedia. Namun kami sangat tidak menyarankan hal ini, karena dapat menghambat kreatifitas anda.
Baca Juga : Situs penyedia model 3d gratis.

  • Back sound (musik).

Musik merupakan salah satu unsur penting dalamsebuah game. Musik yang menarik akan meninggalkan kesan mendalam bagi player game. Untuk membuat musik yang bagus anda dapat menggunakan software desain musik.
Baca Juga : Software untuk membuat musik terbaik.

Bagi anda yang ingin express, anda dapat menggunakan musik gratis yang disediakan oleh beberapa situs. Namun kami kembali tidak menganjurkan hal ini.
Baca Juga : Situs penyedia musik  gratis

  • User Interface.
Contoh Design Interface dengan Paint.Net


Tampilan merupakan sebuah pertimbangan bsar bagi player untuk memainkan sebuah game, untuk itu anda harus membuat desain grafis yang friendly dan menarik. Desain grafis yang menarik dapat anda buat dengan beberapa software seperti paint, corel draw, photoshop dan lain-lain.
Baca Juga : Software desain grafis terbaik

Atau anda dapat dengan cepat memperolehnya di situs gratisan.
Baca juga : Situs penyedia gambar grafis gratis

Itulah ketiga hal yang perlu anda desain sebagai bahan dasar penyusun dari sebuah game. Usahakan untuk mendesain komponen-komponen game anda dengan teliti dan menarik dan tidak perlu terburu-buru. karena hal yang dikerjakan dengan buru-buru biasanya tidak membuahkan hasil yang memuaskan.
Membuat game itu mudah, namun hanya perlu kesabaran dan ketekunan untuk menjalaninya. Jadi jangan pernah berhenti untuk mencoba dan jangan menyerah untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Cukup disini tutorial membuat game part 1, akan kami lanjutkan pada part berikutnya. Jika ada pertanyaan atau kritikan silakan jangan malu-malu untuk ditulis di kolom komentar. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

4 Game Offline Android yang Bisa Menjadi Pilihan Ketika Tidak Ada kuota

  Pada masa kini, internet telah menjadi sebuah kebutuhan dalam mengoperasikan smartphone, hal ini disebabkan hampir semua aplikasi yang ada pada smartphone kita pada hari ini merupakan aplikasi online atau aplikasi yang membutuhkan koneksi internet agar bisa digunakan.    Contohnya saja Instagram, siapa sih yang tidak tahu sosmed yang satu ini? Untuk mengupdate setiap informasi yang ada pada aplikasi ini, tentu kita membutuhkan internet begitu juga dengan Facebook, dan juga aplikasi social media lainya.    Hubungannya sosmed sama game apa? Begitu juga dengan game, sekarang sudah banyak hadir game - game online keren yang pastinya membutuhkan internet ketika kita bermain game tersebut contohnya yang lagi sangat banyak dimainkan di Indonesia yang playernya di Indonesia sudah mencapai 8 juta pemain yaitu Mobile Legend, jangan bilang kalo main Mobile Legend ga butuh internet, game ini merupakan game yang lagi sangat diminati di Indonesia saat ini. Selain Mobile Legend ada j

3 Website Terbaik Untuk Cek Loading Blog

3 Website Terbaik Untuk Cek Loading Blog - Sesudah beberapa lama terjun ke dunia blog, lambat laun kamu pasti akan mengetahui atau menyadari bahwa loading di setiap blog itu harus diperhitungkan. Seperti yang kita ketahui, loading berarti suatu mekanisme yang dilalui ketika ingin memproses tertentu. Begitulah blog kita, memiliki loading ketika dibuka. Mungkin kebanyakan dari kita tidak sadar akan loading blog karena memang tidak terlalu terasa. Terkadang kita juga menyalahkan kecepatan internet ketika sedikit lama dalam membuka sebuah website, padahal kecepatan loading juga mempengaruhi. Untuk itu, kamu bisa mengecek kecepatan loading blog kamu. Bagaimana caranya? Ikuti saja beberapa langkah mudah dibawah. Untuk mengecek laoding blog, ada 3 website rekomendasi dari Techentury. Website ini sangat akurat dalam mengukur kecepatan blog kita. Ditambah lagi, website ini akan memberi tahu kita tentang hal-hal yang perlu diubah untuk mempercepat loading blog. GOOGLE PAGESPEED Website i

Mesin Pencari Paling Banyak Digunakan Selain Google

Mesin Pencari Paling Banyak Digunakan Selain Google - Siapa yang tidak kenal dengan salah satu mega bintang mesin pencari internet, yaitu Google. Perusahaan raksasa ini menjadi ikon internet pada masa sekarang. Semua orang mengawali pengenalan internet pastinya dengan google. Tetapi tahukah kamu bahwa ada banyak mesin pencari lainnya selain google. Yang bisa kita katakan kualitasnya tidak jauh berbeda. Tetapi mereka tidak bernasib sama dengan Google. Apa sajakah mesin pencari lain yang paling banyak digunakan selain Google? Simak pembahasan dibawah ini. BING Jika raksasa Google tidak pernah eksis, maka raksasa sesungguhnya adalah Bing. Bing adalah perusahaan besar milik microsoft. Kita semua tahu seberapa besar kekuatan Microsoft. Saat ini Bing menguasai sekitar 19% pasar pencarian di internet. Bing memiliki banyak fitur seperti kalkulator, pengindeks jadwal penerbangan, berbelanja, penerjemah dan masih banyak lagi. Selain itu, Facebook juga terintegrasi dengan Bing. Google waj