Techentury- Membuat game merupakan sebuah daya Tarik tersendiri bagi para netizen terutama para gamers. Namun tak banyak dari mereka yang mengetahui bagaimana sebuah game dibuat sehingga dapat dimainkan. Banyak diantara gamers yang punya tingkat rasa penasaran yang tinggi menelusuri di google: “Bagaimana cara membuat game ?” Apalagi game seperti Mobile Legend yang sedang naik daun. Akan sangat menarik untuk mengeahui cara pembuatannya bukan ?
Artikel ini hadir di hadapan para pembaca Techentury untuk menjawab pertanyaan tersebut. Artikel ini merupakan bagian kedua dari jawaban pertanyaan di atas. Untuk teman-teman yang belum membaca bagian 1 anda bisa mengunjungi :
Cara membuat game seperti mobile legend Part 1
Pada artikel sebelumnya, kita sudah menyelesaikan 2 dari 5 tahapan pembuatan game. Hanya sekedar review, terdapat 5 tahap pembuatan game yaitu brain stroaming, designing, animating, scripting, testing, finishing. Dan sekarang mari kita mulai dengan tahapan yang ke-tiga.
3. Animating
Contoh Animating Character |
Animating berasal dari kata ‘animate’ yang berarti menggerakkan (motioning). Dapat disimpulkan bahwa segala hal yang berkaitan dengan pergerakan yang ada dalam game adalah bagian dari animating.
Player dan environment yang telah kita desain sebelumnya perlu kita gerakkan agar lebih interaktif.
Hasil dari sebuah animating disebut animation. animation yang biasa dipakai dalam game biasanya seputar gerak tubuh player (berjalan, memukul, melompat, dll ) dan gerak environment (mobil berjalan, pohon tumbang, dll).
Secara garis besar, cara membuat animation terbagi menjadi 2 cara :
Scripting Animation
Scripting Animation adalah cara pembuatan animasi dengan cara menulis bait-bait kode untuk membuat objek bergerak. Scripting animation hanya digunakan untuk membuat pergerakan yang sederhana seperti; translation (perpindahan) dan rotation (perputaran).
Keunggulan Scripting animation ialah infinity motion dimana objek dapat bergerak terus seiring berjalannya waktu (contoh: benda yang terus bergerak ke depan).
Recording Animation
Recording merupakan metode yang paling sering digunakan untuk pembuatan animation yang rumit. Metode ini bekerja dengan merekam gerakan objek berdasarkan keyframe yang diatur.
Untuk membuat Animation, anda dapat menggunakan software yang sama untuk modelling 3D. Namun ada beberapa game engine yang menyediakan fitur animation record jug seperti Unity 3d, dll.
4. Scripting / Coding
Contoh proses Coding |
Scripting / Coding merupakan kegiatan menulis baris-baris perintah yang dipahami oleh komputer. Untuk dimengerti oleh komputer, perintah yang dituliskan harus berupa bahasa komputer pula. Ada beberapa bahasa yang dapat anda gunakan untuk menulis script/kode perintah.
Baca Juga : Bahasa pemrogrman yang mudah dipelajari.
Secara umum, semua bahasa pemrograman memiliki 3 struktur penulisan perintah yang harus dilakukan secara berurutan.
Deklarasi Variabel.
Secara bahasa deklarasi berarti menyatakan, sedangkan variabel adalah data dengan nama dan tipe data tertentu.
Deklarasi variabel adalah proses menyatakan data kepada komputer beserta dengan jenis data dan nama dari variabel itu. Untuk lebih jelas lihat gambar di bawah ini.
Jenis-jenis variabel antara lain : Integer (Int), Character (Char), Float, String, Boolean (bool). dll.
contoh pendeklarasian variabel dengan bahasa C#
Int Angka;
String Nama;
String Nama;
Set Nilai Varabel.
Dalam proses ini, kita harus mencantumkan nilai dari variabel yang telah kita buat berdasarkan tipe datanya masing-masing.
Contoh :
Int angka;
String nama;
void Start(){
angka = 7;
nama = “Ridha”;
}
Memproses data
Tahapan yang terakhir adalah melakukan proses data yang telah kita buat. Proses data bisa dapat berupa mencetak ke konsol ataupun proses matematis.
contoh :
Int angka_1 = 5;
Int angka_2 = 2;
Int hasil;
void Tambah(){
hasil = angka_1 + angka_2;
Console.WriteLine(hasil);
}
maka hasil dari proses di atas adalah 7;
Tiga tahap di atas merupakan contoh yang paling sederhana dari scripting / coding. sedangkan untuk tingkat lanjutan, scripting dilakukan seperti menjalankan animasi yang telah di buat pada player. Misal user menekan tobol “W” maka player jalan ke depan.
contoh :
private Animation anim;
void Start(){
void Start(){
anim = Player.GetComponent<Animation>();
}
void Update(){
if(Input.GetKeyDown(KeyCode.W)){
anim.Play(“jalan”);
}
}
5. Testing
Proses ini dilakukan saat semua proses di atas telah terlaksan sesuai brain stroaming. Dalam proses ini, kita harus memastikan semua komponen yang ada dalam game berjalan sebagaimana mestiya. Jika belum berjalan sesuai rencana, perbaiki dengan segera. Jika telah selesai, maka lanjut ke tahap terakhir.
6. Finishing
Finishing adalah tahap penyelesaian, ada dua hal yang harus dilakukan yaitu;
Building
Mengeksport game anda ke platform yang anda mau.
Publishing
Menyebarluaskan informasi tentang game anda.
Selamat ! anda telah sukses membuat sebuah game.
Jika ada pertanyaan dan komentar silakan anda tulis dibawah ya ! Terimakasih atas kunjungannya dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.
Comments
Post a Comment